Ucapan Selamat Idul Fitri; Minal Aidzin dan Taqabbalallah

0

Kini kita sudah memasuki penghujung Ramadan tahun 1445 H dan sebentar lagi kaum muslimin akan menyambut hari raya Idul Fitri 1445 H. Tentunya setiap orang akan memberi ucapan selamat dan doa bagi keluarga, kerabat dan teman. Salah satu ucapan paling populer di Indonesia saat hari raya adalah minal aidzin wal faidzin. Apakah arti  minal aidzin wal faidzin? Adakah doa lain selain minal aidzin wal faidzin?

Minal Aidzin Wal Faidzin

Tentu saja lafadz minal aidzin wal faidzin bukan satu-satunya kalimat yang bisa diucapkan saat hari raya. Ada lafadz doa lain yang dianjurkan oleh para sahabat Nabi Shalallahu ‘alaihi wa salam.

Sebelum itu, kita akan membahas arti minal aidzin wal faidzin. Dalam bahasa Arab lafadz ini ditulis sebagai berikut:

مِنَ الْعَائِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ

“Semoga kita tergolong orang yang kembali fitrah dan mendapat kemenangan.”

Banyak yang mengira bahwa arti dari minal aidzin wal faidzin adalah mohon maaf lahir dan batin. Pada aslinya kalimat ini merupakan potongan dari

جَعَلَنَا اللَّهُ مِنَ الْعَائِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ

“Semoga Allah menjadikan kita termasuk orang yang kembali (fitrah) dan orang yang mendapat kemenangan.”

Baca juga artikel kami Hukum Mencicipi Masakan Saat Berpuasa

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Lalu selain lafadz minal aidzin wal faidzin, doa yang dianjurkan oleh para sahabat Nabi  Shalallahu ‘alaihi wa salam untuk diucapkan di hari raya adalah lafadz

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

” Semoga Allah menerima (puasa dan amal) kami dan (puasa dan amal)  kalian.”

Kemudian bagi yang mendengarkan lafadz tersebut menjawab dengan kalimat:

تَقَبَّلْ يَا كَرِيْمُ

“Terimalah wahai Allah Yaa Kariim”.

Demikian pula menjawab dengan lafadz “aamiin”. Lafadz “aamiin” juga bisa menjadi jawaban dari ucapan idul fitri yang pada hakikatnya adalah doa.

Sayyid Sabiq menyebutkan dalam kitabnya -Fiqih Sunnah, berdasarkan hadits Jubair bin Nufair, ia berkata: Apabila para sahabat Rasulullah nabi  Shalallahu ‘alaihi wa salam bertemu pada hari Idul Fitri, maka mereka saling mengucapkan doa selamat Idul Fitri.  Patut bagi kita untuk saling mendoakan di hari kemenangan umat Islam. Selamat Idul Fitri. Wallahu a’lam bish shawab. (Nur Jihan Qonita/an-najma.com)

Leave A Reply

Your email address will not be published.